1. ·
PENGERTIAN
KOMPUTERISASI AKUNTANSI
Komputerisasi
akuntansi adalah sebuah sistem akuntansi dimana komputer sebagai teknologi
untuk menjalankan aplikasi yang digunakan dalam mengolah transaksi akuntansi
dan sekaligus untuk menghasilkan laporan keuangan dalam sebuah perusahaan.
·
Komputerisasi
akuntansi adalah suatu pengembangan akuntansi berbasis sistem komputer
berdasarkan prinsip-prinsip akuntansi yang berlaku.
·
Komputerisasi adalah
suatu seni dengan menggunakan alat bantu komputer untuk melakukan pencatatan,
penggolongan dan peringkasan transaksi dan kejadian yang bersifat keuangan
dengan cara yang menggunakan dan dalam bentuk satuan uang.
·
Komputerisasi
akuntansi adalah suatu proses mencatat, mengklasifikasi, meringkas, mengolah
dan menyajikan data, transaksi serta kejadian yang berhubungan dengan keuangan
sehingga dapat digunakan oleh orang yang menggunakannya dengan mudah dimengerti
untuk pengambilan suatu keputusan serta tujuan lainnya.
·
Komputerisasi
akuntansi adalah suatu proses dimana kita menggunakan komputer untuk memproses
segala hal yang berkaitan dengan
akuntansi dan didukung dengan perkembangan teknologi yang mempermudah proses
tersebut dengan adanya perangkat lunak (software) khusus untuk akuntansi.
2.
KELEBIHAN
KOMPUTERISASI AKUNTANSI
·
Data akan lebih
menjadi akurat dan cepat
·
Data dapat dilacak
(ditrace)
·
Data dapat
dipertanggung jawabkan karena bukti transaksi akan di upload
·
Lebih cepat dan murah
·
Dapat dijalankan oleh
banyak orang
·
Praktis
·
Mengikatkan akurasi
·
Review setiap saat
·
Menghemat waktu
·
Up to date
·
Mempermudah anda
mengambil keputusan
3.
KEKURANGAN
KOMPUTERISASI AKUNTANSI
·
Tidak tahu bagaimana
caranya memulai mengembangkan OSS
·
Model bisnis yang
tidak mengikuti pola bisnis software proprietary
·
Kepemilikan yang
tidak jelas sehingga cenderung berlawanan (anti-thesis) dengan pola IPR
(Intellectual Property Right) yang juga sedang digalakkan oleh pemerintah dalam
penelitian yang didanai selama ini
·
Tidak adanya dukungan
komersial
·
Terlalu banyaka
variasi dari OSS.6
·
Usabilitas yang masih
kurang
·
Terbatasnya sumber
daya manusia, aplikasi dan komitmen terhadap OSS
4.
SEJARAH
MYOB (KOMPUTERISASI AKUNTANSI)
MYOB, Pikiran Bisnis Anda Sendiri, adalah sebuah perusahaan multinasional
Australia yang menyediakan pajak, akuntansi dan layanan lainnya untuk usaha
kecil dan menengah.
MYOB didirikan
pada akhir 1980-an oleh Christopher Lee dan tim pengembang di Teleware, Inc,
yang mengembangkan perangkat lunak
akuntansi. Teleware dibeli oleh Best Software, Inc (sekarang bagian dari sage)
pada tahun 1993 Data-Tech software adalah Australia Republisher produk MYOB,
pada tahun 1997 menandatangani perjanjian dengan SoftwareTerbaik untuk membeli
perusahaan (berganti nama menjadi MYOB, Inc) dan membeli hak hak kekayaan
intelektual perangkat lunak. Pada tahun 1999, Data-Tech berganti nama menjadi
MYOB Limited dan terdaftar di Bursa Efek (ASX) Australia pada tanggal 9 Juli
1999. Dalam pengembangan perusahaan selanjutnya, MYOB Limited bergabung dengan
Solusion 6 Holdings pada tahun 2004. Meskipun perusahaan ini awalnya didirikan
di Amerika Serikat, itu menghentikan operasi di Luar Australia pada tahun 2008.
Pada tanggal 6 Desember 2008, Acclivity mengumumkan mengakuisisi MYOB Inc AS
dan Mac (dan PC ) tim pengembangan dari MYOB Limited Australia. Acclivity
sekarang akan mendorong perkembangan global Mac OS produk manajemen bisnis MYOB ini-AccountEdge
Basic, AccountEdge Pro dan AccountEdge Pro Edition Network. Pada bulan Jaanuari
2009, sebuah konsorsium ekuitas swasta yang dipimpin oleh Archer Capital
menyelesaikan tawaran pengambilalihan untuk MYOB, kembali MYOB untuk
kepemilikan pribadi. Pada 21 Agustus 2011, Archer Capital dijual MYOB ke Bain
Capital untuk jumlah yang tidak di ungkapkan. Akusisi ini memberikan Bain Capital saham mayoritas di MYOB bersama
manajemen yang akan terus menjadi pemegang saham di perusahaan. MYOB merupakan
program computer akuntansi (accounting software), MYOB dimulai di
Australia pada tahun 1991 dan merupakan
salah satu perusahaan yang sukses mengenali kebutuhan yang unik dari perusahaan
kecil-menengah sampai perusahaan menengah-besar akan system manajemen bisnis
(business management systems) yang powerfull, mudah dan terjangkau. Banyak
penghargaan diterima oleh jajaran produk MYOB
sejak tahun 1991 sampai sekarang. Sukses ini kemudian berkembang ke
seluruh dunia, MYOB pada tahun itu juga memenangkan MacWord Award untuk kategori Best Accounting Software dan kategori Best
Newcomer Software. Tahun 1996, MYON
Inc., terus berkembang dan bergerak dibawah payung MYOB Limited. MYOB
kemudian mengembangkan 6 cabang unttuk meng-cover pemasaran MYOB di seluruh
dunia, yaitu MYOB US,Inc. MYOB Canada inc, MYOB Australia Pty Ltd, MYOB New
Zealand, MYOB UK Ltd dan MYOB Asia, yang saat ini terus berkembang dengan
munculnya versi khusus Negara lainnya, versi Malaysia adalah yang pertama di
Asia, sebelum munculnya versi Singapura, Hongkong, dan Asia-Internasional, dan
sekarang lebih banyak lagi versi Negara yang tersedia. MYOB Accounting v15,
merupakan program yang sudah di operasonalkan oleh para pengolah data-data
keuangan. Dengan adanya MYOB Accounting rilis versi 17.0 menjadi
mempermudah dalam penyajian laporan keuangan, khususnya lingkup Accounting
Financial (akuntansi keuangan).
Kegunaan MYOB dalam kegiatan
administrasi perusahaan :
·
Alat bantu orang-orang untuk menyelesaikan pekerjaan
akuntansi
·
Menghemat waktu dalam mengelola dan menjalankan
pembukuan
·
Mengerti lebih dalam bisnis
·
Membantu kita dalam proses penjualan dan pembelian,
track piutang dagang (receivable), hutang dagang (payables) san pajak (GST),
email your qutes dan invoice dan banyak lagi- semuanya hanya dengan meng-klik
beberapa tombol saja.
·
Mengelola barang dagangan
·
Untuk memenuhi kebutuhan akuntansi perusahaan, dll.
Peranan MYOB dalam siklus akuntans perusahaan jasa
·
Sebagai alat komunikasi untuk berbagi pengalaman dan
pengetahuan dalam proses implimentasi dalam pengoperasian MYOB
·
Sebagai alatuntuk mempermudahkan kita untuk mencatat
transaksi dalam perusahaan jasa.
Sistem
Pembukuan Terintegrasi, memberikan efisiensi kerja
MYOB memberikan
kemudahan dalam proses administrasi usaha dengan mengintegrasikan fungsi-fungsi
Buku Besar, Keuangan, Pembelian, Penjualan, Persediaan dan Pengelolaan Relasi,
dimulai dari proses input dokumen dasar sampai pada proses pelaporan. Dengan
terintegrasinya fungsi-fungsi Buku Besar, Pembelian, Penjualan, Keuangan dan
persediaan memberikan efisiensi kerja dengan menghilangkan pengulangan
pencatatan transaksi, melalui fungsi-fungsi yang berbeda, dan memungkinkan
ekplorasi data yang maksimal
Otomatisasi Pembukuan
Dalam Program MYOB banyak sekali fungsi yang dapat diatur untuk mempermudah penggunaan, salah satunya adalah otomatisasi proses pembukuan dengan menggunakan Link Account (Link Perkiraan Transaksi) yang akan mengambil alih proses pembukuan mulai dari proses penjurnalan, posting sampai penyusunan laporan dan proses analisa bahkan fungsi pengendalian operasional. Dengan adanya otomatisasi pembukuan ini anda tidak perlu lagi untuk melakukan pembuatan ayat jurnal, melakukan proses posting ke buku besar, melakukan proses summary dan filtering buku besar untuk menghasilkan laporan-laporan yang anda inginkan. Yang anda perlu lakukan dengan menggunakan program ini adalah hanya melakukan ‘Data Entry’ dari dokumen dasar, proses-proses berikutnya akan dilakukan MYOB secara otomatis.Jurnal akan dibentuk secara otomatis, yang kemudian di ‘posting’ ke dalam Buku Besar dan Buku Besar Pembantu, dan seterusnya sampai pembentukan Laporan Keuangan dan Laporan Penunjang lainnya.
Dalam Program MYOB banyak sekali fungsi yang dapat diatur untuk mempermudah penggunaan, salah satunya adalah otomatisasi proses pembukuan dengan menggunakan Link Account (Link Perkiraan Transaksi) yang akan mengambil alih proses pembukuan mulai dari proses penjurnalan, posting sampai penyusunan laporan dan proses analisa bahkan fungsi pengendalian operasional. Dengan adanya otomatisasi pembukuan ini anda tidak perlu lagi untuk melakukan pembuatan ayat jurnal, melakukan proses posting ke buku besar, melakukan proses summary dan filtering buku besar untuk menghasilkan laporan-laporan yang anda inginkan. Yang anda perlu lakukan dengan menggunakan program ini adalah hanya melakukan ‘Data Entry’ dari dokumen dasar, proses-proses berikutnya akan dilakukan MYOB secara otomatis.Jurnal akan dibentuk secara otomatis, yang kemudian di ‘posting’ ke dalam Buku Besar dan Buku Besar Pembantu, dan seterusnya sampai pembentukan Laporan Keuangan dan Laporan Penunjang lainnya.
Integrasi dengan Microsoft Office
MYOB juga berintegrasi dengan Microsoft Office, sehingga data/laporan akan dengan mudah dikonversi ke MS Excel untuk diolah lebih lanjut atau ke format HTML untuk pengiriman yang lebih mudah melalui internet, juga ke MS word untuk pencetakan surat (Mail Merge).
MYOB juga berintegrasi dengan Microsoft Office, sehingga data/laporan akan dengan mudah dikonversi ke MS Excel untuk diolah lebih lanjut atau ke format HTML untuk pengiriman yang lebih mudah melalui internet, juga ke MS word untuk pencetakan surat (Mail Merge).
Mendukung penggunaan secara Multi User
Untuk menunjang Integrated System ini, selain digunakan secara Single-user, MYOB juga dapat digunakan secara Multi-user, sehingga data yang di-Input oleh pengguna yang satu, saat itu juga dapat digunakan oleh pengguna lainnya. MYOB dapat berjalan pada semua jenis jaringan yang populer, secara Peer to Peer atau Server-Client Network.
Untuk menunjang Integrated System ini, selain digunakan secara Single-user, MYOB juga dapat digunakan secara Multi-user, sehingga data yang di-Input oleh pengguna yang satu, saat itu juga dapat digunakan oleh pengguna lainnya. MYOB dapat berjalan pada semua jenis jaringan yang populer, secara Peer to Peer atau Server-Client Network.
Eksplorasi Database yang maksimal
Dengan modul-modul Analisa, Pencarian Transaksi, Tugas (To do list) dan Fungsi Laporan dengan fungsi filtering dan designing, MYOB memberikan keleluasaan bagi penggunanya untuk mengeksplorasi database yang ada dan menampilkannya dalam beragam format seperti : Laporan (MYOB/Excel/dll.), Form Faktur/PO, Analisa Grafis, dll. Dengan adanya modul-modul tersebut di atas, MYOB selain membantu penggunanya dalam meningkatkan efisiensi dan simplifikasi kerja, juga dalam fungsi pengendalian operasional perusahaan.
Dengan modul-modul Analisa, Pencarian Transaksi, Tugas (To do list) dan Fungsi Laporan dengan fungsi filtering dan designing, MYOB memberikan keleluasaan bagi penggunanya untuk mengeksplorasi database yang ada dan menampilkannya dalam beragam format seperti : Laporan (MYOB/Excel/dll.), Form Faktur/PO, Analisa Grafis, dll. Dengan adanya modul-modul tersebut di atas, MYOB selain membantu penggunanya dalam meningkatkan efisiensi dan simplifikasi kerja, juga dalam fungsi pengendalian operasional perusahaan.
5. KESIMPULAN :
Komputerisasi akuntansi adalah sebuah pembangunan akuntansi berbasis sistem berdasarkan prinsip-prinsip yang berlaku yang berkaitan dengan akuntansi didukung dengan adanya perkembangan teknologi perangkat lunak (software) khusus akuntansi. dimana komputer ini sebagai teknologi untuk melakukan pencatatan, penggolongan, peringkasan transaksi, pengklasifikasi dan penyajian data. Selain itu, komputerisasi akuntansi atau yang biasa disebut dengan myob, semakin terupdate mengikuti perkembangan jaman yang semakin cepat meskipun memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri.
Komputerisasi akuntansi adalah sebuah pembangunan akuntansi berbasis sistem berdasarkan prinsip-prinsip yang berlaku yang berkaitan dengan akuntansi didukung dengan adanya perkembangan teknologi perangkat lunak (software) khusus akuntansi. dimana komputer ini sebagai teknologi untuk melakukan pencatatan, penggolongan, peringkasan transaksi, pengklasifikasi dan penyajian data. Selain itu, komputerisasi akuntansi atau yang biasa disebut dengan myob, semakin terupdate mengikuti perkembangan jaman yang semakin cepat meskipun memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri.
No comments:
Post a Comment